Laman

Bukabuku.com : Kesan Pertama Begitu Menggoda


Saya sebenarnya ga terlalu sering menggunakan situs-situs belanja online. Karena tinggal di kota yang tidak terlalu besar, mobilitas saya dalam menjangkau tempat-tempat yang menjual barang-barang yang saya butuhkan, belum menjadi kendala. Tercatat saya hanya menggunakan situs belanja buku melalui Grazera.com dan beberapa kali menggunakan Lazada dan Zalora.

Memang dari segi kepraktisan belanja online terasa memudahkan. Dengan hanya beberapa kali klik, proses jual beli selesai dilakukan. Pembeli cukup hanya duduk manis, sambil ditemani cemilan, dapat dengan leluasa melihat dan memilih dari display setiap situs penyedia.

Namun sayangnya, dari beberapa kali penggunaan tersebut, saya merasakan aspek akuntabilitas dari beberapa situs penyedia belanja online kurang dapat diandalkan. Tidak semua informasi terkait produk yang dijual, dijelaskan dengan lengkap.

Suatu kali saya membeli gamis di Zalora. Ternyata gamis yang dikirim adalah jenis gamis buntung tanpa lengan. Memang pada display sepertinya gamis tersebut two pieces dengan penggunaan manset di dalam dress-nya. Inikan dapat menimbullkan interpretasi yang berbeda bagi pembeli jika tidak ada penjelasan yang lebih utuh. Pernah juga dikirimi tas yang berbeda merk yang dikirim dengan tas yang ada pada display. Walaupun dari segi fungsi tetap sama, namun ini sesungguhnya merupakan praktik-praktik pembohongan konsumen.

Kan ada mekanisme pengiriman kembali? Aduh capek deh. Sudah habis ongkos kirim dan waktu untuk menunggu. Gak penting-penting amat yak.

Maka dari itu, saya lebih memilih belanja terhadap produk yang tidak membutuhkan penjelasan lebih lengkap untuk dijual seperti ukuran, warna dan sebagainya. Seperti barang-barang rumah tangga maupun buku.

Nah berbicara belanja buku secara online, saya baru sekali menggunakan situs penyedia bukabuku.com. Yuk simak beberapa kesan yang saya dapatkan dari belanja di bukabuku.com

1. Banyak memberikan diskon.
Saat masa pre-order Supernova IEP dibuka pada beberapa situs penyedia, bukabuku.com memberikan diskon yang lebih besar. Malah di mizan.com sebagai induk perusahaan dari penerbit buku memberikan diskon dengan nominal yang lebih kecil.

2. Proses mudah
Untuk membeli buku di bukabuku.com terlebih dahulu kita harus membuat akun disana. Selanjutnya dari akun tersebut dengan mudah bisa dimonitor proses pembeliannya.

Yang cukup memberikan kelegaan adalah terdapatnya opsi pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Jadi bagi yang suka kalap kalau belanja dengan kartu kredit, hal ini dapat dihindari:)

Prosesnya pun ga bikin kita tergesa-gesa seperti waktu bayar Traveloka via atm. Kita masih diberi waktu 2x24 jam untuk melakukan transfer sesuai dengan bank yang dipilih. Oh ya pilihan bank-nya juga lumayan lengkap. Setelah itu tinggal dilaporin dengan masuk ke situs melalui akun yang telah dibuat, untuk melaporkan transfer yang telah dilakukan.
Always Makes Confirmation

3. Akuntabel
Yang bikin saya senang menggunakan bukabuku.com adalah setiap proses pembelian amat akuntabel. Semua informasi disampaikan juga melalui surat elektronik. Biasanya kalau kita belanja online, paling konfirmasi pemesanan dan barang sudah dikirim ya. Tapi kalau di bukabuku.com, saat proses produk sampai di gudang, atau pun produk lagi diproses pemaketannya pun akan diemailkan.


4. Reliabel
Saat itu sebenarnya ada dua buku yang saya pesan yakni Supernova IEP dan Muhammad #3 by Tasaro yang juga diskon gede.

Namun sepertinya stok di percetakan/penerbit sedang kosong sehingga akhirnya order tersebut saya batalkan.

Nah sebelum saya batalkan, saya beberapa kali diemail mengenai kondisi stok buku yang belum sampai di gudang dan diberikan opsi apakah ingin membatalkan, mengganti dengan buku lain atau mendeposit untuk belanja yang akan datang.

Sebenarnya di awal ragu juga apakah mau mengganti dengan buku lain, tapi gak ada lagi yang mau dibeli. Kalau dibatalkan, saya belum tahu bagaimana kelancaran mekanisme pengembalian uangnya.

Namun Bismillah saja saat menekan tombol membatalkan order untuk Muhammad#3. Waktu itu gak berharap banyak dengan pengembalian uang.

Taraaa....

 Refund Notification

Ternyata esok harinya, datang email notifikasi untuk memasukkan nomor rekening untuk pengembalian uang dan esoknya juga diemail kembali bahwa uang sudah ditransfer lagi.

So, jangan ragu belanja buku di bukabuku.com ya. InsyaAllah bisa dipercaya.


18 komentar:

  1. Mak Yervi, saya pernah beli di bukabuku cuman saya jadi kapok ga mau lagi, ceritanya beli buku tapi ternyata stock kosong alhasil saya cancel minta direfund dan prosesnya lama saja uda gitu setiap di WA adminnya slowrespon buat proses refundnya. begitu kira-kira hehehe kalau saya biasanya siy cari toko buku online yang kasih murah jadi suka ga tentu kalau beli buku hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kebalikan dengan saya kalau gitu ya Mak

      Hapus
  2. Belum pernah nyoba belanja di bukabuku..tapi kalo baca review nya jadi pengen nyoba, pengen liat2 diskonan hehe

    BalasHapus
  3. Saya langganan di bukabuku. Emang sih kadang ada buku yang kosong atau belum datang dari gudang penerbit. Saya sih sabar menunggu selalu. Hehehe... Pernah buku yg sy bayar hari ini, satu bulan kemudian baru datang paket bukunya. Ga masalah sih buat saya. Suka sama suka kan harusnya adab pembelian dan sy suka2 aja belanja di bukabuku :D

    BalasHapus
  4. Saya langganan di bukabuku. Emang sih kadang ada buku yang kosong atau belum datang dari gudang penerbit. Saya sih sabar menunggu selalu. Hehehe... Pernah buku yg sy bayar hari ini, satu bulan kemudian baru datang paket bukunya. Ga masalah sih buat saya. Suka sama suka kan harusnya adab pembelian dan sy suka2 aja belanja di bukabuku :D

    BalasHapus
  5. Aku langganan di bukabuku..enak harganya diskon

    BalasHapus
  6. Referensinya aku catat. Lumayan buat alternatif kalau buku yang dicari gak ada di toko buku trus di sinu ada.

    BalasHapus
  7. Kecewa ama kurir yang anter bukunya. Judes dan males cari alamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak belagu ya mbak. klo ga mau cari g ush jd kurir ya

      Hapus
  8. saya ikut subscribenya sejak 2011 apa ya, tapi udah lupa rasa belanjanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk belanja lagi mbak biar g lupa

      Hapus
  9. Aku belum pernah nyoba belanja buku online..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicoba ah mbak. siapa tahu ketagihanšŸ˜Š

      Hapus
  10. Aq pelanggan cukup setia dg bukabuku, krna situs buku lain apalagi yg pnya toko terbesar itu blm bagus

    BalasHapus
  11. Rencananya aku mau beli komik di bukabuku, tp aku searching kok banyak respon yang mengecewakan ttg toko online ini, jadinya ragu deh buat beli disitu. Padahal udah kebelet pgn beli krn komik yg aku pgn terbitan lama, takut kalo stoknya lama-lama jd kosong. Kebetulan komik yg aku pengen statusnya stock di gudang supplier, sempet ragu nanti stoknya kosong dan ga ada uang pengembalian.
    Pas baca postingan mbak ini jadi ada sedikit keyakinan bt beli di bukabuka. Apalagi yang ada notification refund nya, bismillah semoga ntar prosesnya kayak si mbak :D

    Maaf nih jadi curhat, hehe :D

    BalasHapus
  12. semoga proses refund saya selancar mbak... amiinn... jujurnya kapok sih... tapi semoga refundnya beneran gampang...

    BalasHapus