Laman

Buku Di Mata Seorang Blogger Buku Bekasi

Foto Dari Pixabay.com

Buku Di Mata Seorang Bloger Buku - Nama aslinya adalah Indah Purnama. Orangnya cantik secantik namanya. Umurnya masih muda, sekitar dua puluh tahunan akunya di profile blog yang bersangkutan. Blogger Bekasi ini sehari-hari menggunakan kacamata. Ketahuan ya suka baca buku. Ya iya dong, aselinya memang seorang Blogger Buku. Tapi biasa dipanggil Ipeh Alena atau ini memang nama penanya. Jadi gak usah ragu karena Indah Purnama dan Ipeh Alena memang orang yang sama.

Sebagai seorang Blogger Buku, memiliki blog tersendiri yang ber-niche khusus buku rasanya memang suatu kewajiban ya. Karena itu sejak tahun 2014 bacaanipeh.web.id sudah wara-wiri hadir mengupas buku-buku yang senantiasa dilahap oleh pemiliknya. Blog tersebut hadir karena Ipeh merasa kesulitan dan selalu tidak puas dalam mencari informasi terkait buku yanng ingin dia baca. Kalaupun ada biasanya ulasannya sedikit dan kurang mendalam. Sehingga Ipeh tergerak untuk membuat blog buku dengan harapan blog tersebut dapat membantu pembaca yang sedang membutuhkan referensi buku yang dibutuhkan.


Sejak kapan mencintai buku ?
Ternyata hobi membaca buku pada masa anak-anak memang membawa pengaruh bagi manusia hingga dewasa. Ipeh sendiri menyebutkan bahwa dia suka membaca dan suka buku dikarena kebiasaan membaca majalah anak-anak Bobo, komik Sailormoon dan Doraemon. Dari biasa membaca majalah berlanjut membaca buku-buku cerita. Sehingga saat masa akhir di Sekolah Dasar, Ipeh selalu menuliskan "Membaca Buku dan Bermain" sebagai Hobi pada biodata di buku diary teman-temannya.

Berapa jumlah koleksi buku yag dipunyai?
Sayangnya Ipeh belum pernah mengitung secara pasti berapa jumlah buku yang dipunyainya. Tapi pemirsa, jumlah buku yang belum dibaca dan masih ada ditumbukan berjumlah 46 buah. Wow.... Berapa lama ya waktu buat menghabiskannya.
Koleksi Buku Ipeh Alena

Genre buku apa yang paling disukai?
Nah Ipeh sendiri termasuk pembaca buku yang menyukai banyak genre, kecuali buku politik. Nah yang ini sih memang bikin kepala jadi cenat-cenut bukan malah refresh. Namun kalau fiksi yang berbau atau yang menggunakan intrik-intrik politik sih masih sanggup katanya. "Otak saya tidak cukup kuat," alasannya kenapa tidak mau membaca buku-buku politik. Tahu gak Ipeh, buat saya juga politik cukup didengar di pemberitaan media televisi. Ha...ha...

Buku Yang Paling Disenangi?
Ada tiga penulis favorit Ipeh yakni Fuad Hasan, Stephen King dan Arswendo Atmowiloto. Aih nama yang terakhir bener gak sih. Gak yakin soalnya. Gugling dong. Oh ya Ipeh, Fuad Hasan itu yang menteri Pendidikan jaman Pak Harto dulu ya. Baru tahu saya beliau juga penulis. He..he...

Setiap bulan ada budget khusus buat buku?
Ternyata memang Ipeh selalu menyediakan budget khusus untuk buku setiap bulan. Nominalnya tergantung dari waktunya, apa lagi banyak musim Sale atau gak. Lagi banyak keluar judul baru atau gak. Tapi minimal 300 ribu diposkan untuk memenuhi kebutuhan membeli buku setiap bulannya.

Rata-rata berapa buku mampu dibaca setiap bulan?
Nah ini pertanyaan yang paling ditunggu. Pengen tahu kan seorang blogger buku kecepatan membacanya seperti apa. Biar bisa dibandingin dengan diri sendiri, gitchu.

Kalau menurut Ipeh, jumlah buku per bulannya gak tentu. Namun dia mewajibkan dirinya minimal 1 buku setiap bulan untuk diselesaikan. Tahun 2015 malah Ipeh punya proyek pribadi satu buku satu minggu. Namun menurutnya tahun ini jumlah buku yang dibaca menurun karena ada pekerjaan tambahan.

Bagi yang ingin tahu bagaimana Ipeh men-challenge dirinya membaca buku dapat melihat laman TBU atau Tantangan Baca Ulas di blog bukunya. Umumnya buku-buku disana gak saya kenal penulisnya. Karena memang perbendaharaan saya terbatas:(

Apa asyiknya menjadi blogger buku?
Nah blog bacaanipeh.web.id mnerupakan satu-satunya blog yang masih murni idealismenya Ipeh. Menurut Ipeh karena tertantang untuk menjadi Be My Self, namun masih bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, disitulah seninya menjadi blogger buku di mata Ipeh alena. Asyik lainnya adalah Ipeh sendiri bisa juga ikut dari suatu challenge dari blog buku lain seperti reading challenge dan lainnya.

Walaupun secara finansial menurut Ipeh tidak begitu banyak, sebagaimana travel blogger yang bisa jalan-jalan gratis. Tapi menurut Ipeh dengan menjadi blogger buku, dapat merupakan pintu awal untuk dipercaya penerbit sebagai first reader sebuah buku yang tengah launching. Jadi dengan diberi buku secara cuma-cuma oleh penerbit, pengeluaran beli buku dapat dihemat.

Oh ya saya punya juga teman FB yang namanya Untung Wahyudi. Beliau juga merupakan blogger yang resensi bukunya sering sekali muncul di koran-koran khususnya media di Pulau Jawa. Tak terhitung buku-buku yang dikirim penerbit untuk di-review. Belum lagi pemasukan dari penerbit yang karyanya di review maupun honor atas resensi yang dimuat. So, jangan takut untuk menjadi blogger buku ya.

Ipeh Alena sendiri memperlakukan buku-buku yang dipunyainya sebagai bagian dari koleksi pribadi. Koleksi-koleksi tersebut disimpan dalam lemari terbuka. Tapi dicatat ya, buku-buku tersebut hanya boleh dipinjam untuk keluarga atau teman yang sangat dia percaya. Nah kamu masuk kategori keluarga atau temannya?

Ada yang mengemukakan kalau beli buku itu ibarat investasi. Jadi buku juga merupakan harta tak bergerak. Menurut Ipeh buku-buku tertentu yang sudah tua akan memiliki nilai tinggi atau Incunabula  sehingga tak jarang para kolektor buku akan berburu terhadap buku-buku yang masuk kategori Incunabula tersebut.

Apalagi setiap buku menyimpan ilmu ataupun pengetahuan yang membuka wawasan. Inilah yang membuat membaca dan memiliki buku di perpustakaan pribadi, bisa menjadi berharga karena 'apa' yang terkandung didalamnya. intinya memang memiliki buku merupakan sebuah wujud untuk berinvestasi.


Salah satu yang saya kepoin pada Ipeh adalah kemampuan membaca. Menurut saya kemampuan membaca buku sangat banyak variabel yang mempengaruhi. Jenis buku apakah bukunya 'bacaan berat' kayak textbook atau 'bacaan ringan'. Waktu yang tersedia apa panjang atau sebentar. Disamping itu kemampuan teknis untuk membaca cepat. Dahulu pernah heboh tentang teknik ini kan. Misal saya dan suami punya kecepatan baca yang berbeda. Satu halaman buat saya mungkin suami sudah tiga halaman. Tapi mungkin saya akan mendapat 'pengetahuan' ataupun 'bahan' yang lebih in-depth dibanding suami. Justru Ipeh tidak menyarankan membaca cepat. Karena itu, dengan membaca cepat kita akan kehilangan feeling/roh buku tersebut. Namun dengan membaca utuh tanpa skipping dengan membuat deadline, proses membaca bsa akan terasa lebih cepat. Ini yang dinamakan close reading.

Terakhir obrolan saya dengan Ipeh ditutup dengan pertanyaaan saran apa dari Ipeh supaya minat membaca masyarakat Indonesia meningkat. Yang pasti luangkan waktu ketika menunggu dengan membaca. Bisa ketika menunggu untuk dijemput, menunggu bis di halte atau pun sedang naik kendaraan. Yang terakhir ini saya sering pusing melakukannya mungkin karena mata saya silindris. Jadi intinya jadikan membaca sebagai gaya hidup. Dengan begitu otomatis orang-orang disekeliling ikut tergerak untuk melakukannya.

Dan jangan lupa untuk sisihkan buku-buku bekas masih layak baca untuk diberikan kepada rumah-rumah baca atau perpustakaan mini masyarakat. Karena sejatinya buku ada untuk dibaca bukan untuk disimpan. Mantap. Terimakasih Ipeh untuk diskusinya. Salam.

***





Read More

5 Facts About Breast Cancer You Have To Know



Alhamdulillah minggu lalu saya berkesempatan mengikuti seminar kesehatan. Topiknya gak jauh-jauh dari ‘anugerah’ yang diberikan Allah SWT pada saya hampir satu tahun lalu. Iyess tentang kanker payudara. Topik seminarnya aja keren yakni How To Increase Quality of Life By Carsinoma Mamae Management.
Pembiacaranya juga tak kalah keren. Dokter yang mengoperasi saya dulu Dr.dr Daan Khamri, Sp.B (Onk) dan seorang Kepala Perawat dari RS Kanker Dharmais. Nah tapi disini saya lebih tertarik mengulas kembali materi yang disampaikan oleh Dokter Daan.

Kenapa? Karena dari paparan tersebut saya menemukan fakta-fakta mengenai kanker payudara yang masih jarang dibicarakan orang-orang. Apa saja itu? Yuk mari disimak satu-satu.

1.    Most common cancer happened in the world

Kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak terjadi di seluruh dunia. Kalau dipetakan kejadian kanker paling tinggi maka hasilnya akan seperti ini.



Di Indonesia sendiri berdasarkan data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2013 menyatakan pasien kanker payudara yang dirawat jalan dan rawat inap sebanyak 28.7% sehingga kanker payudara dinobatkan sebagai jenis kanker paling banyak diidap di Indonesia.

Di Sumatera Barat sendiri, data SIRS tahun 2013 juga memperoleh pembenaran berdasarkan data yang dirilis oleh rumah sakit RSUP M. Djamil Padang. Kecuali tahun 2010 karena rumah sakit rusak berat akibat gempa, setiap tahun data menunjukkan jumlah pasien kanker payudara yang bisa disebutkan bahwa ada satu pasien kanker baru setiap harinya . Ini hanya data pada salah satu rumah sakit. Sehingga memang kita semua pantas untuk siap-siaga menghadapi 'serangan' sel kanker dengan memperbanyak proteksi diri melalui mekanisme-mekanisme tertentu.

2.    Apakah hanya wanita yang menderita kanker payudara?

Adalah suatu mispersepsi  yang menyatakan bahwa hanya wanita yang bisa kena kanker payudara. Faktanya bahwa kanker payudara juga bisa terjadi kepada pria. Memang benar kalau jumlah wanita yang mengidap kanker payudara jauh lebih besar dari pria. Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa kasusnya hanya 1 % pria. Tapi ini artinya tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga bisa mengidap kanker payudara.
Kenapa bisa begitu? Karena pada pria juga terdapat hormon estrogen dalam jumlah sedikit. Hormon estrogen pada pria berfungsi pada bagian-bagian tertentu saluran reproduksi pria.

Kita musti tahu bahwa sebagian besar kanker payudara pertumbuhannya didorong karena pengaruh hormone estrogen atau yang biasanya disebut estrogen receptor.  Karena itu keberadaan hormone estrogen ini memang paradox, disatu sisi bergungsi untuk pematangan organ reproduksi tapi disisi lain juga ‘menyerang’ organ reproduksi.

3.    Apakah kanker payudara hanya terjadi untuk wanita paruh baya?

Dari poin nomor dua kita bisa membuat kesimpulan bahwa resiko mengidap kanker payudara akan lebih besar kalau anda berjenis kelamin perempuan. Nah sekarang pada umur berapa pasien dapat terkena kanker payudara?

Dahulu memang faktanya kanker payudara lebih sering terjadi pada wanita dengan umur lebih dari 40 tahun.  Saat saya menjalani pengobatan radioterapi, rasio antara penderita berumur besar dan kurang dari 40 tahun  mungkin berkisar 1 : 4

Namun menurut dokter Daan akhir-akhir ini wanita dengan umur yang kurang dari 40 tahun juga didapati banyak mengidap kanker payudara. Pasien termuda yang pernah ditangani oleh dokter Daan sendiri berumur 22 tahun. Amat muda sekali…

4.    Bagaimana sel tumor berkembang

Dalam banyak kasus, pasien tiba-tiba saja menemukan benjolan yang berukuran cukup besar yang ternyata merupakan kanker. Banyak yang tidak percaya karena menganggap hari kemarin baik-baik saja.

Namun perlu diketahui bahwa sel kanker berkembang dari bibit kanker yang berukuran 100 µm hingga besar tidak dengan tiba-tiba. Butuh waktu bagi sel kanker untuk berkembang. Karena itu pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap bulannya pada wanita yang telah berumur lebih dari 20 tahun.

Pertanyaannya dari mana sel kanker tersebut mendapat ‘makanannya’ hingga bisa berkembang? Tidak sama dengan virus, ataupun bakteri yang menyerang tubuh dimana tubuh merespon 'serangan' dari luar melalui antibodi. Sehingga biasanya tubuh akan memberi sinyal melalui demam, capek dari biasanya dan lain-lain.


Namun tidak demikian dengan sel tumor. Bibit tumor langsung direspon baik oleh tubuh. Dokter Daan mengandaikannya seperti tamu yang sedang berkunjung ke rumah. Si empunya rumah akan menyuguhkan segelas teh dan cemilan sebagai penghormatan atas kunjungan tersebut. Demikian juga ketika ada bibit kanker di dalam tubuh. Jaringan darah akan mensuplai makanan sehingga sel kanker makin lama makin membesar. Hingga ada kalanya sel darah sudah tidak mampu lagi/tidak mencukupi lagi menyuplai makanan, yang mengakibatkan inti tumor akan mati. Matinya inti tumor inilah yang menyebabkan lukak atau bernanah pada tumor.

5.    Apakah kanker dapat dicegah?

Iyess. Kanker payudara masih dapat dicegah dengan mekanisme yang bersifat primer dan sekunder. Tidak sama dengan kanker serviks yang dapat dicegah melalui imunisasi karena disebabkan oleh virus.
WHO merilis bahwa seperti kasus kanker payudara dapat dicegah, sepertiga lagi dapat disembuhkan dan sisanya tidak dapat disembuhkan namun penderita dapat diperbaiki kualitas hidupnya.

Bagaimana cara mencegahan kanker payudara?

Secara primer kanker payudara dapat dicegah melalui diet sehat pengontrolan terhadap hormon. Diet sehat dapat dilakukan melalui pembatasan jumlah kalori yang masuk, memakan makanan tinggi serat sayur dan buah, dan memakan makanan tinggi kalsium seperti ikan dan susu rendah lemak. Sedangkan hormonal control dilakukan terhadap wanita dengan resiko tinggi.

Angelina Jolie dapat dijadikan role model bagaimana pencegahan primer terhadap kanker payudara dilakukan. Karena nenek dan ibunya meninggal diakibatkan kanker payudara sehingga Angelina Jolie memutuskan untuk membuang payudara (baca:seluruh jaringan payudara) dan kemudian melakukan rekonstruksi bedah plastik untuk 'mengembalikan' payudaranya.

Sedangkan pencegahan secara sekunder didapat melalui screening terhadap individu/masyarakat yang beresiko tinggi mengidap kanker payudara sebelum terdapat gejala kanker payudara tersebut. Pada wanita yang memiliki sejarah keluarga yang mengidap kanker payudara seperti ibu atau nenek dan sebagainya, perlu dipertimbangkan adanya kemungkinan mutasi gen. Gen BrCa1 dan gen BrCa2 merupakan gen yang bersifat diturunkan dan merupakan penyebab kanker payudara akibat bermutasinya. Saat ini sudah dapat dilakukan pemerikasaan resiko kanker akibat mutasi gen BrCa1 dan BrCa2 di rumah sakit Kanker Dharmais dengan biaya pemeriksaan sekitar 30 juta rupiah. Wanita akan beresiko tinggi mengalami kanker payudara jika mutasi gen BrCa1 sebanyak 50-90% dan mutasi gen BrCa2 sebanyak 40%.

S
Read More

10 Things You Can Enjoy During Cruising Melacca River

10 Things , You Can Enjoy, During Cruising Melacca River

Sejarah Melaka dan Sungai

Dahulu kala, sungai yang membelah kota Melaka ini dipergunakan sebagai jalur perniagaan utama kota. Sungai ini merupakan sungai yang terpenting pada masa Kesultanan Melayu Melaka dari tahun 1402-1511 dan seterusnya.

Lama tak digunakan lagi sebagai jalur pelayaran dan akibat pendangkalan, dan mengingat nilai sejarah yang tinggi, akhirnya Datuk Seri Mohd Ali bin Mohd Rustam selaku Ketua Menteri Melaka memutuskan melakukan proyek rehabilitasi sungai Melaka untuk menjadikannya sebagai salah satu destinasi pariwisata.
Maka tak lengkap jika anda mengunjungi kota Melaka tanpa menyusuri keindahan yang terdapat di sepanjang sungai.

Sebenarnya sungguh nikmat untuk berjalan kaki sepanjang pinggir sungai pada sore hari. Pedesterian yang lebar dan bersih dan ditemani oleh matahari yang tidak begitu terik, dijamin tidak akan membuat langkah kaki anda pergi tergesa-gesa. Namun kalau sedang turun hujan atau memang anda sedang malas jalan kaki, anda dapat mempergunakan armada Malacca River Cruise, kapal motor kecil berkapasitas 40 penumpang. Cukup hanya membayar RM 15.9 untuk hari biasa dan RM 21.2 pada weekend dan hari libur, kita akan bisa menyusuri keindahan sungai sepanjang 400 meter dari rute yang ditetapkan. Apalagi ditambah cemilan dan minuman sebagai bonus untuk menemani perjalanan.

What can we see from there?

1.    Mural
Di sisi kiri dan kanan sungai, anda bisa menikmati bangunan-bangunan yang telah di cat warna-warni dengan tema-tema tertentu (Mural). Warna-warni mural memang menjadikan suasana mencari meriah. Motif yang dipakai tidak spesifik, ada yang berbau etnis India, motif abstrak dan sebagainya.
10 things, enjoy, melacca river
Suasana mural yang meriah

10 things, enjoy, melacca river
Tema Bernuansa India


2.    Jembatan
Di sepanjang pelayaran Melacca River Cruise, anda akan mendapati tujuh buah jembatan dengan arsitektur dan sistem struktur yang berbeda-beda dan pastinya memukau. Ada yang merupakan jembatan yang terbuat dari beton dan ada juga jembatan rangka baja.
10 things, enjoy, melacca river, bridge
Jembatan Hang Tuah

10 things, enjoy, melacca river, bridge
Jembatan Old Bus Station

10 things, enjoy, melacca river,bridge
Jembatan Datuk Mohd Zin

10 things, enjoy, melacca river, bridge
Jembatan Kampung Mortem

10 things, enjoy, melacca river, bridge
Jembatan Hang Jebat


3.    Perkampungan penduduk
Selama pelayaran paling tidak anda akan melewati tiga perkampungan yakni Kampung Morten, Kampung Jawa dan Kampung Chitty. Dinamakan Kampung Morten karena J.F Morten yang melakukan pembinaan terhadap penduduk setempat pada tahun 1920-an, padahal penghuni kampung tersebut adalah Melayu asli.

Kampung Chitty adalah perkampung dengan penduduknya yang berasal dari keturunan India. Layaknya sebuah kampung yang banyak terdapat rumah-rumah penduduk, di kampung Chitty ini juga terdapat Museum yang memamerkan peralatan yang dipakai olah keturunan India Melaka.

Sesuai namanya, Kampung Jawa memang berisikan penduduk yang berasal dari keturunan Jawa. Ada yang menyatakan penduduk kampung Jawa berasal ketika beberapa tentara Dipati Unus menyerang Melaka. Namun ada juga yang menyatakan jauh sebelumnya penyerangan tersebut, penduduk Jawa sudah bermigrasi ke Melaka



10 things, enjoy, melacca river
Kampung Morten dengan latar High Rise Building


4.    Hutan bakau
Walaupun tak banyak, beberapa rimbun hutan bakau juga terdapat pada titik-titik tertentu dari sungai. Dari balik pepohonan bakau tersebut, kita bsa menatap gedung tinggi yang menjulang.

5.    Buaya sungai
Jika anda beruntung, anda dapat menyaksikan buaya yang tengah mengintip kapal yang tengah melintas. Tidak diketahui berapa banyak buaya sungai yang terdapat di sepanjang sungai Melaka.
Ada Buaye!


6.    Replika Kincir  Kesultanan Melayu Melaka
Kincir Air (watermill) Kesultanan Melayu Melaka merupakan kincir air yang terbesar dan yang pertama dibangun di Malaysia dengan diameter 13.2 m. Adanya replica ini untuk melambangkan kehebatan Kesultanan Melaka dengan teknologinya ketika itu.
Replika Kincir Angin Kesultanan Melayu Melaka


7.    Monorail
Ternyata kota Melaka juga mempunyai Monorail walaupun tidak begitu panjang rutenya. Melayani 1.6 km dari Pengkalan Rama hingga Kampung Bunga Raya Pantai, monorail ini memang ditujukan untuk menunjang pariwisata kota Melaka.

8.    Bangunan Pecinan
 Bangunan pecinan yang melambangkan bahwa sudah sejak dahulu kala etnis tersebut sudah ada dan menetap di kota Melaka. Sebagai jalur pelayaran perniagaan membuat etnis tionghoa membuat rumah/toko di sepanjang sisi sungai.

10 things, enjoy, melacca river
Bangunan Pecinan Yang Masih Berfungsi Sebagai Tempat Berniaga

9.    Pedestrian
Pedesterian yang lapang dan bersih serta tak lupa menyertakan bangku-bangku untuk sekedar melepas penat dan menikmati matahari sore yang beranjak pergi.



10.    Café-café
Cafe-cafe juga banyak terdapat di sepanjang pedesterian sungai. Jika anda lelah, ingin sejenak melepas penat, dapat mengunjungi cafe-cafe tersebut.


Dalam pelayaran selama lebih kurang 20 menit tersebut, anda tidak akan bosan karena memang pemandangannya mengasyikkan. Apalagi ditunjang dengan adanya music yang diputar pada perjalanan pergi, sedangkan perjalanan pulang anda akan mendengarkan sekelumit sejarah pada beberapa tempat yang dilalui.
Okay....1, 2, 3. Klik

Tak lupa, sebelum berlayar, anda akan difoto dan hasilnya telah dapat anda lihat di dermaga saat kapal motor telah merapat. Dan harap diingat ini sudah merupakan bagian dari tiket masuk.
Read More