Laman

Kidzania : Mahalnya Sebuah Pengalaman

Kidzania, Jakarta, pengalaman, anak-anak

Singgah ke Jakarta satu  malam, dalam perjalanan pulang ke Padang dengan membawa anak-anak, memang waktu liburannya sempit. Namun karena sudah di Jakarta, rasanya gak tega juga tidak mengajak anak-anak untuk menikmati wahana permainan yang ada di Jakarta, walaupun cuma sehari.  Maka pilihan wahana buat anak-anak menjadi sesuatu yang penting. Awalnya dari Padang, saya sudah merencanakan untuk ke Dufan mengingat mereka belum pernah ke sana.

Namun membawa dua anak balita dan satu orang kakaknya, terkadang destinasi/wahana wisata harus dipikirkan dengan matang. Pertama, berlibur di Jakarta untuk waktu yang sempit maka mungkin hanya satu tempat yang bisa dinikmati dalam sehari. Pertimbangan jarak dan rute kemacetan mempengaruhi hal tersebut. Jadi maksimalkan saja liburan di satu tempat daripada menghabiskan banyak waktu di jalan untuk pergi ke destinasi lain. Kedua, pertimbangkan jenis dan sifat wahana permainan di lokasi. Apakah wahana permainan bersifat outdoor atau indoor mengingat kondisi anak2 yang masih balita. Disamping itu apakah wahana dapat dipergunakan untuk balita. Jangan-jangan mereka hanya jadi penonton disana. Ketiga, apakah ada orang lain yang akan menjaga seandainya anak-anak belum diizinkan untuk bermain di wahana tertentu. Nah, mengingat faktor-faktor diatas akhirnya kami memilih Kidzania untuk bermain anak-anak dalam liburan sehari di Jakarta.

About Kidzania

Kidzania Jakarta merupakan satu dari 24 theme park Kidzania yang ada di dunia. Menempati lantai enam Pacific Place Mall Senayan Jakarta, indoor theme park ini dapat kita nikmati dalam ruangan seluas hampir 7500 m2. Dari website resminya dinyatakan bahwa Kidzania merupakan 'kota'nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan. Oh ya Kidzania Jakarta merupakan Kidzania yang pertama di Asia Tenggara. Dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Sehingga disini anak-anak bisa memainkan peran dalam 'kehidupan' yang sesungguhnya.

Jam operasional Kidzania dibagi menjadi dua sesi, sesi pagi dimulai dari jam 09.00 win hingga jam 14.00 wib. Sesi sore dimulai jam 15.00 wib hingga jam 21.00 wib. Dari pengalaman kemarin sesi pagi antrian tiketnya tidak seramai sesi sore. Anak-anak juga lebih puas main karena pengunjung tidak seramai sore hari. Oh ya untuk masuk Kidzania tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar. Kita hanya diizinkan membawa minuman. Ada pemeriksaan X-ray juga lho terhadap barang bawaan.

Tiket dan Bagaimana Mendapatkan

Tiket masuk wahana Kidzania bisa didapatkan on the spot dan secara online. Untuk weekend tiket on the spot untuk anak-anak adalah Rp 200K dan tiket orang dewasa untuk weekend Rp 150K. Sedangkan di weekday harga tiket lebih murah lima puluh ribu dari tiket weekend. Supaya lebih irit, kita bisa membuat grup dengan jumlah anggota 15 orang, namun ini tidak bisa dilakukan on the spot karena harus dikonfirmasi sebelum hari H.

Disamping itu kita bisa membeli tiket melalui online. Beragam situs-situs yang menyediakan tiket secara online dapat dipergunakan. Namun yang paling irit kayaknya adalah membeli tiket di groupon.co.id. Terdapat diskon cukup menarik setiap hari. Namun untuk pemesanan tiket di groupon, harus dilakukan minimal satu hari sebelum hari H karena membutuhkan konfirmasi dari pihak marketing.


3B Bermain Belajar dan Bekerja

Dari website resminya tercatat ada 63 jenis wahana/peran yang bisa dimainkan anak-anak di Kidzania. Begitu masuk, kita sedikit bingung memilih mana yang akan dimainkan terlebih dahulu. Untuk itu searching sebelum berangkat akan lebih memudahkan dan mengefisienkan penggunaan waktu.

Secara umum setiap wahana dapat dikategorikan menjadi dua yakni wahana yang bersifat bermain - belajar dan wahana yang bersifat belajar dan bekerja. Bedanya adalah untuk wahana yang bersifat bermain - belajar, akan ada entrance fee yang harus diberikan jika kita menggunakannya. Sedangkan wahana yang bersifat belajar-bekerja, tidak ada fee malah anak-anak akan mendapatkan 'upah' atas kerja yang dilakukan.
Nessa bekerja jadi petugas Damkar
Lalu apakah anak-anak harus mengeluarkan uang lagi untuk bermain di Kidzania? Tenang bu-ibu. Tidak kok. Mereka akan dibekali satu buah cek ketika masuk dan harus diuangkan di Bank. Uang yang telah dicairkan berjumlah 50 kidzos dapat digunakan untuk bermain dan berbelanja di arena Kidzania.
Sehabis Mencairkan Cek di Bank BRI
Apa yang dilatih di Kidzania? Pertama, adalah kemandirian. Di dalam Kidzania semua proses harus dilakukan sendiri. Orangtua hanya berfungsi sebagai pengarah. Seperti gambar di atas anak-anak sudah berani menukarkan cek dengan uang tunai di Bank tanpa diantar.

Kedua, adalah keberanian. Seperti yang saya bilang, di Kidzania semua proses harus dilakukan sendiri oleh anak-anak. Sehingga mereka tahu, bahwa setiap mau mempergunakan sesuatu ada prosedur dan alur prosesnya. Seperti saat anak-anak ingin pergi berkeliling kota Kidzania menggunakan taksi Blue Bird. Mereka harus memesannya sendiri dengan cara menelpon call center dan kemudian pergi berkeliling sendiri tanpa ditemani orangtua.
Kalau mau naik taksi, pesan dulu....

Balapan Mobil

Ketiga, mengenal proses. Saat anak-anak ingin mencoba mengendarai mobil balap, maka terlebih dahulu harus mempunyai SIM. Nah bagaimana caranya membuat SIM? Ada lagi prosesnya. Anak-anak mesti di cek dulu kesehatannya. Seru pokoknya!
Punya SIM A walau masih anak-anak

Keempat, ya mengenal profesi. Ada beragam profesi yang ditawarkan oleh Kidzania. Dokter, Pilot, Penyiar radio, Voice Dubber, News Anchor dan lain-lain. Anak-anak tinggal memilih dan mengantri saja. Karena dengan keterbatasan ruangan biasanya hanya sekitar enam sampai sepuluh anak yang bermain dalam satu kali sesi. Dan durasi setiap sesi pertunjukan biasanya sekitar dua puluh menit.

Jadi Perawat Bayi

Bayinya Tertidur Sehabis Mimik Cucu

Nah, sehabis bekerja. Mereka akan senang karena diberi upah. Nessa mendapat uang plus donut yang dibuat sendiri ketika bekerja sebagai chef di toko Donut.

Lima jam waktu satu sesi pertunjukan tidak akan terasa lama. Memang tidak akan semua peran dan wahana dapat dicoba karena waktu banyak terpakai untuk antri dan menunggu serta lama durasi setiap peran/permainan. Kemarin anak-anak hanya sempat mencoba sembilan ragam profesi/pertunjukan. Itu pun sudah terpotong dengan waktu makan siang.

Jadi kalau mau mencoba semua profesi/pertunjukan, siapkan saja uang anda karena memang untuk masuk kesini memang tidak murah. Mehoong....

**AV**

18 komentar:

  1. Belum pernah ke sini. Semoga kapan2 bisa ajak anak2 main ke sini. Makasih ya ceritanya :-)

    BalasHapus
  2. Mahal ya... musti nabung dulu nih hihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi klo bw rombongan...mmg hrs nabung dl mb. Ntar tekor

      Hapus
  3. Memang agak mahal tapi bagus sih ya mbak. Asal ngak sering-sering hahhaha

    BalasHapus
  4. Kena banget konsep bermain sambil belajar nya ya Ni Evi. Tapi anak-anak pasti suka dan meninggalkan kesan lama dalam memori. Itu yang penting. Walau faktor mahal itu tetap saja membuat kening orang tua mengkerut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya uni...msh terngiang2 sm mrk jd Pilot

      Hapus
  5. Konsepnya menarik sekali ya mbak, mahal tapi bermanfaat. Asal gk sering2 saja anak2 minta liburan ke kidzania hehhehe

    BalasHapus
  6. Konsep bermainnya bagus dan mendidik. Tapi itu dia masalahnya: pake alesan mehong. Hihihi

    BalasHapus
  7. Pernah ke sana waktu nemenin anak2 KPCI. Whuaaa.... mendadak pengen jadi anak kecil lagi deh supaya bisa ikut main. :D

    BalasHapus
  8. Kupikir kidzania itu seperti area game kayak timezone hihihi... jadi seperti trans studio tapi outdoor yak

    BalasHapus
  9. seru ya main di kidzania bisa bermain sambil belajar

    BalasHapus
  10. Pengalaman yang seru dan menyenangkan sekali mbak.. Makasih udah berbagi :D

    BalasHapus
  11. dari duluu pengen banget ngajakin anakku kesini mbak..kebayang semangat banget main2 disini. aku aja yg cuma baca dari blog kepengen ikut main jugak hahaha...

    BalasHapus
  12. Anak2 udah pernah kesni sama teman2 dekolahnya :)

    BalasHapus