Laman

Mau Belanja Online Sesuai Syariah? Ke Muslimarket Aja

(pixabay.com)

Online Market Sudah Sesuai Syariah?

Hei…Harbolnas datang lagi. Tahu tidak Harbolnas pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 oleh tujuh e-commerce yaitu Lazada, Zalora, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka dan Luxola. Harbolnas tahun 2013 diikuti oleh 22 e-commerce, kemudian 78 e-commerce di tahun 2014 dan 140 e-commerce di tahun 2015. Dan tahun ini tema yang diusung Harbolnas adalah meningkatkan pengalaman konsumen.
Nah, berbicara pengalaman belanja melalui momen Harbolnas, saya teringat tahun kemarin. Memang Harbolnas menjanjikan harga miring. Siapa yang tidak akan tergoda?

Termasuk saya. Jadi tahun lalu itu ada dua item yang saya beli. Yakni kamera digital dan baju muslim. Nah begitu nyampai di rumah, ternyata bajunya buntung dan kainnya tipis-terawang. Terpaksalah beli baju manset dan menambah pooring.
Ini Penampakan Bajunya

Mungkin kamu bertanya, “kok bisa gitu ya.” Yak arena memang tidak ada informasi yang jelas. Kalau baju/dress biasanya informasi yang disajikan adalah ukuran baju, jenis kain dan sebagainya. Nah dalam kasus saya, tidak disebutkan bahwa baju yang dijual terdiri dari dua bagian, luaran dan dalamnya. Karena fotonya nyaris tidak memperlihatkan.

Menurut kamu, kasus saya termasuk menipu atau tidak? Padahal Islam jelas-jelas mengatur tentang perniagaan yang sesuai dengan syariah. Seluruh aktivitas atau praktek bisnis (ekonomi) di pasar yang berpeluang munculnya ketidakadilan, persaingan tidak sehat, kecurangan dan ketidakseimbangan informasi (asimetric information) dilarang.

Muslimarket.com, Pasar Halal Terlengkap 

 Nah berbicara asimetric information, ini banyak sekali dilakukan di gerai-gerai toko serba ada. Terkadang informasi yang dibuat disusun secara sistematis, sehingga membuat konsumen terjebak opini masing-masing.
Ini contohnya.


Tapi, jangan khawatir, sekarang di Indonesia telah ada pasar online halal terbesar. Jadi disana kamu bisa beli apa aja kebutuhanmu sebagai seorang muslim dan muslimah. Dan perlu dicatat Muslimarket.com amat jauh dari praktek bisnis yang curang, dan tidak menerapkan asimetric information.

Disini kamu bisa belanja fashion, perabotan rumah tangga, kebutuhan anak dan bayi dan pastinya kebutuhan kamu untuk beribadah. Misalnya, kamu lagi butuh sajadah unik yang motifnya tidak pasaran. Ini dia saya kasih contoh. Motifnya cocok buat kamu yang berjiwa muda. Bagi yang ingin lihat-lihat motif lain, sila di-klik.

Disamping itu kalau kita belanja di Muslimarket.com, kamu akan merasakan hal yang berbeda dengan situs-situs belanja online lainnya. Apa itu?
1. Kamu bisa langsung chat dengan adminnya. Tanya-tanya terkait item yang kamu beli. Mbak Rachma adminnya akan langsung merespon setiap pertanyaanmu.

2. Belanja di Muslimmarket.com jangan khawatir dengan ongkos kirim. Karena terkadang belanja online mahal di ongkir. Muslimarket.com menawarkan free ongkos kirim ke seluruh Indonesia, dengan syarat minimal pembelian Rp. 100.000,- Murah banget kan?

3. Nah biar kamu gak salah asumsi dengan produk yang dijual, di Muslimarket.com menyediakan fasilitas Zoom pada foto produknya. Jadi bisa menambah keyakinan kamu.

Foto produk yang sedang di-zoom


So, ayo buruan nikmati kesempatan berbelanja hemat dalam event Harbolnas.

**AV**



5 komentar:

  1. memang menyenangkan bisa belanja online dan puas ya mbak dibanding hanya mengira2.. saya pernah kecewa juga belanja di e-commerse yg ternyata barangnya gak memuaskan seperti difoto.. ah kalo nginget lagi bikin gondok

    BalasHapus
  2. Waaah aku baru tau ttg e commerce yg ini mbak .. Ntr aku buka ah.. Bberapa e commerce ada yg aku block krn ga ketahuan mark up harga lalu didiskon.. Kapok beli sama yg begitu..

    BalasHapus
  3. Belanja online memang sangat riskan dengan tipu menipu, karena kita gak lihat barangnya langsung ya.. Makanya saya malas belanja online kecuali saya udah yakin banget sama toko tersebut.

    BalasHapus
  4. Aku pernah beberapa kali belanja di muslimarket. Pernah juga dapet promonya yang super murah. Cuma bayar Rp. 1 aja. Lumayan banget. Produknya juga cukup banyak dan pengirimannya juga cukup cepat. Duh.. Jadi pengen belanja lagi. :)

    BalasHapus
  5. Pengen nyoba belanja di sini. Terima kasih infonya mba...

    BalasHapus