Laman

Begini Cara @andiyaniachmad Dapat Follower IG Ribuan

Horee...
Akhirnya tepat di waktu yang berdekatan dengan ultah saya tahun ini, follower saya bisa mencapai seribu. Tapi itu udah berapa lama ya akunnya. Ah malu saya untuk menyatakannya disini. Dari yang dulu cuma iseng-iseng untuk bikin akun di IG, hingga sekarang tahu benar bahwa IG termasuk salah satu platform media sosial yang powerful.

Tapi apalah jumlah follower saya yang seuprit dibanding dengan followernya mbak Andiyani. Dulu sama sekali gak kepikiran tentang jumlah follower, bisa posting foto yang bagus aja udah syukur. Namun ternyata, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui media sosial apabila mempunyai jumlah follower yang banyak. Salah satunya pasti akun media sosialnya bisa dimonetisasi. Dilain waktu mungkin, bagi yang tertarik untuk 'nyalon' bisa jadi sebagai salah satu pertimbangan bagi partai politik untuk melamar. Karena sekarang kan beberapa partai udah mulai rekruitment kan?

Tentunya untuk mencapai follower ribuan tersebut bagi kita -masyarakat kebanyakan- bukan perkara gampang. Kalau artis terkenal sih gak usah disebut. Kabarnya rekor follower terbanyak artis Indonesia masih dipegang oleh Ayu Tingting. So, apa yang mesti kita lakukan? Kira-kira berapa lama waktunya? dan bagaimana me-maintain supaya follower kita gak jatuh?

Alhamdulillah tadi malam (27/3/2017) saya bisa menyimak obrolan di grup KEB bersama mbak Andiyani Achmad yang mempunyai follower 11K lebih di akun IG-nya yang sudah berumur empat tahun. Diskusi antara mb Aniyani dengan anggota grup KEB saya ringkas di bawah ini.

+ Bagaimana cara mempunyai follower ribuan?
- Dimulai dari 0 followers  trus hingga sekarang, banyak hal yang telah dilakukan. Dimulai dari "ngemis" followers sama teman sekantor, satu angkatan kuliah hingga menjadi sponsor salah satu event lomba foto hijabers. Saya rutin melakukan riset tentang cara menambah follower, hingga sekarang. Dengan maintenance secara serius tahun ini bisa diangka 11K Setelah terkumpul followers 2,000 aku mulai challenge diri sendiri dengan me-posting foto yang secara visual enak dilihat dan juga dibuat tema setiap minggunya. Misal, minggu ini aku posting ttg OOTD. Minggu berikutnya tentang Selfie, Makanan, dsb. Itu aku posting secara bertahap.Jangan lupa pake hashtag ya, karena hashtag adalah salah satu cara untuk dapat followers baru. Bikin giveaway juga bisa jadi salah satu cara nambahin followers di IG disamping upgrade menjadi instagram bisnis. Nah saat dapat followers baru dan kenal atau dalam satu lingkup usahakan di folbek dan berinteraksi ya. Alhamdulillah sampe skrg aku masih berinteraksi sama followers yang dulu follow aku krn aku jadi sponsor post event lomba foto hijabers.

+ Riset yang mbak sebutkan itu seperti apa?
- Mengenal jam brp nih postingan yang engaged, Mengenal dan tau apa yang followers kita mau (ini caranya dari postingan yang kamu post sesuai tema yang kamu bikin. kalo perlu bikin target mau nambah followers berapa di minggu itu) Saling likes dan comments. Rajin-rajin bertamu ke rumah followers. Update trend ttg IG yang terbaru dan bikin caption semenarik mungkin

+ Jumlah follower kadang bisa naik turun mbak. Tiba-tiba banyak yang unfollow.  Gimana tanggapannya mbak
Jumlah follower menurun itu bisa jadi karena faktor konten yang kita sajikan dirasa tidak sesuai dengan selera follower. Bisa juga karena tidak konsisten dalam memposting foto. Atau juga karena followers itu follow cuman untuk minta di folbek. Setelah itu dia unfollow. Trik ini juga  sering digunakan oleh akun-akun gak jelas.

+ Bagaimana caranya untuk memaksimalkan hashtag
Hashtag yang bagus adalah hashtag yang sangat general dipakai, misal,aku pernah istiqomah pake hashtag #love dan #hijabstyle selama seminggu. Saat itu bisa nambah 50 followers. pengalaman aku, setelah setahunan punya IG, aku punya hashtag sendiri supaya saat orang mau nyari kita cukup dengan hashtag tersebut. Aku sempet pake hashtag #andiyanipics #stylediary. Khusus posting ttg darell ada hashtag sendiri #darelladhibrata. Cara lain supaya orang mengenal kita melalui hashtag adalah meninggalkan komentas di IG orang lain dengan mengarahkan ke hashtag yang mendefinisikan kita semisal," boleh likesnya kak di #andiyanipics."

+ Apakah menggunakan hashtag kudu wajib mbak dalam setiap postingan?
- Menurut aku penting mba. Hashtag itu adalah cara seseorang untuk mengetahui keberadaan akun kamu. gunakan hashtag yang populer, misal #photooftheday #likesforlikes #OOTD #selfie.


sekarang ini aku lagi sering pake hashtag #clozetteid #mommyblogger #socialmediamom.
Namun ada juga pembatasan jumlah hashtag maksimal 30 buah.


+ Untuk IG apakah ada konsep khusus mbak? Misal tone foto harus sama atau yg lainnya
 -  Iya perlu banget. Ini sebenarnya sih lebih ke branding diri sendiri sebenarnya, kalo aku branding nya adalah emak2 ganjen yang demen selfie ama ootd tapi juga punya aktifitas lain seperti working moms dan blogger.
 

Intinya adalah jadilah diri sendiri di IG, posting apapun yang kita sukai, berikan caption yang attract people to engaged sama rajin-rajin mampirin akun orang lain juga. Foto-foto yg ditampilkan harus mampu mewakili branding yg kita bangun supaya followers kita juga tau kita kayak gimana. kalo misal mau nyoba yang lain juga sah2 aja, karena sosmed itu kan trial and errors mak, makin sering dicoba makin kita tahu apa sih yang ngena ke followers.

+ Ada trik lain mbak dalam membentuk konsep IG 
Supaya posting foto bertema gitu biar enak dan sedap dilihat dari jumlah kotak yang dipakai. Kalo aku belakangan penganut foto yang 3, 3 mak... pernah nyoba 6 dan 9 trus likesnya jeblok 
hahahhaha, akhirnya aku post 3 - 3 aja tapi disesuain sama tema di hari tersebut

+ Kalau sudah terlanjur random, baiknya fotonya yg sdh2 dihapus aja atau gimana ya Ma 
- Aku pernah baca di salah satu blog tentang media sosial, bufferapp kalo nggak salah, mereka bilang kalo postingan di IG sudah lewat dari tahunnya, misal,dari tahun 2016 ke 2017 baiknya dihapus aja foto2 tersebut krn engagementnya nggak berlaku lagi. tapi sebaiknya sih, tetap post sesuai apa yang emak suka, misal nuansa hijau,pink.Oia aku sampe lupa kalo aku juga pelajarin IGnya Diana Rikasari, sama beberapa akun IG dari luar hehehhe mereka kece brandingnya di IG

+ Apa tips foto supaya banyak follower
Buat edit foto ya? aku pake pics art dan belajar moto ala2 selebgram dengan kamera. Kayak nyari angle yang cantik gitu mak.Karena aku masih pake smartphone

+ Resep supaya postingan di IG banyak yg ngelike
Ini sepengalaman aku sih, IG yang sekarang adalah FB versi tahun 2007-2008 dimana, kalo kamu sering likes/comments foto orang maka orang tersebut akan balik ngelakuin hal yang sama. ini memang butuh proses sih. kalo aku prosesnya cukup lama mak, 2 tahunan nyampe likes seperti sekarang hehhehe. Sama perhatikan kapan jam2 nya orang2 lagi buka hape, saat itulah kita posting jam2 orang lagi buka hp

Menemukan best time to post itu berdasarkan data tertentu atau coba2 atau gimana mbak 
Best time to post itu bisa ketauan dari behaviour kita sehari-hari mak, kalo IG nya udah ke-link sama Facebook Business bisa ketahuan hehhehe. So far sih yang make senses adalah postingan pagi antara jam 7 - 9 pagi (ini orang2 lagi dijalan otw ngantor atau lagi ke pasar misalnya, trus posting jam 12 siang sampe jam 2 siang (orang makan siang nih biasanya atau buibu yang lagi nidurin anaknya, trus satu lagi dari jam 5 - 7 malam (pas orang2 lagi di perjalanan). aku juga pernah posting malam banget nyoba2 diatas jam 10, ada aja yang masih melek mak heheh. Intinya rajin2 nyoba dan menganalisa

Tambahan info dari mbak Vicky Laurentina : Pakai Instagram Analytics untuk menganalisa best time to post. Di IG Analytics itu ada data trend follower kita paling banyak nongkrong di IG jam berapa.
Dari yang aku alami di IG Analyticku, follower paling banyak no
ngkrong jam 11 pagi sampai jam 21.00. Aku posting di jam-jam itu, ternyata engagementnya jauh banget melebihi posting jam 7 pagi atau posting jam 22.00. Syarat untuk bisa lihat IG Analytic kita ialah IG-nya mesti linked dengan FB FP kita.



Salah satu tips lagi nambah follower dr IG business dan enaknya tidak berbayar. Kalau IG Business itu ada feature Contact. Efeknya, penonton IG profile kita yang menemukan icon Contact itu bisa langsung menelepon kita, mengemail kita, meng-SMS kita, atau menemukan posisi alamat kita.

Cara membuat IG kita jadi IG Business: di account IG kita -> Settings -> Switch to Instagram Business)


+ Apa setiap minggu ada target mesti brapa postingan gitu
- Enggak ada sih, mau postingan berapapun asal dikasih jeda, supaya nggak dianggap spam sama IG nya, misal postingan satu dengan yang lain dikasih jeda minimal 1 jam.

+ Fenomena jual follower/like yg lg marak menurut mbak gmn? Kadang brand ngga tau masalah itu kan ya

- kalo beli atau jual followers sepengalaman aku kerja di agency sih, yang di liat kontennya, walaupun ada yang masih "hijau" tentang hal ini takarannya adalah yang penting jumlah followers banyak aja, tapi pas kerjasama ternyata awareness dan engagementnya nggak berpengaruh, setelah itu biasanya pihak brand atau agency nggak pake lagi sih.

keliatannya adalah nggak berimbang antara jumlah followers dan jumlah engagement, tapi sekarang ini penilaian agency atau brand juga beda, ada yang liat dari engagementnya, ada yang dari awarenessnya malah ada yang liat dari kontennya

+ Persentase ideal engangement dan awareness dari jumlah followers atau hesteknya kira-kira gimana?
Dari pengalamanku, belum ada algoritma mutlak tentang perhitungan engagement dan jumlah followers. Sejauh jumlah likes per postingan stabil selama sebulan, misal per postingan dapat 30likes selama sebulan bisa dikatakan itu sudah engaged. Memang ada sih beberapa yang info ke aku, suatu akun dikatakan engaged atau bagus adalah per postingan ada 10% likes dari jumlah followersnya. Namun hal ini belum hakiki, krn balik lagi ke algoritma instagram yang belum mutlak

+ Apa selalu mutlak jumlah like di foto akan mencerminkan jumlah viewer di video IG?
Nah ini masih pe er terbesar aku... masih kudu research lagi. Karena tidak selalu terjadi begitu. Ada beberapa yang dapat viewer ribuan namun terkadang ada juga yang hanya puluhan. Bisa juga kemasan video aku kurang bagus sehingga nggak ada yang nonton hahahhaha

Info dari mbak Nurul Noe : biasanya views video minimal 2x lipat dr jumlah like yg biasa didapat.
Mau gimana bentuk videonya, jelek atau bagus. Krn di IG video yg nongol di laman home biasanya lagsung otomatis play.
 

Setelah diskusi tersebut saya jadi nambah semangat dan optimis karena mbak Andiyani pun ternyata belum mempunyai fotografer pribadi alias hanya suka difoto suami atau temannya. Cuma memang dibuat dengan citarasa foto dan angle yang lebih profesional.Yang berkesan dari mbak Andiyani adalah dia gak sungkan-sungkan untuk folbek dan memberikan like terhadap postingan orang lain. Saya yang difolbek pun kecipratan banyak like-nya pada beberapa foto saya. Satu lagi pesan mbak Andiyani adalah jangan lupa untuk me-link-kan antara akun IG dengan fanpage FB dan twitter. Selamat mencoba






                                                                                              **AV**




 



 

49 komentar:

  1. Iya Mba Ai keren banget followernya. Bikin mupeng, hahaha. Tetep konten yang utama ya.

    BalasHapus
  2. Bermanfaat bgt ini, mbak. Pengen coba juga. Terima kasih..^^

    BalasHapus
  3. wuihh lengkap.. terimakasih sharing rangkumannya mak, jadi ikut belajar, coz wkt itu malah gak nyimak krn mendadak kedatangan tamu :-)

    BalasHapus
  4. waahh keren tipnya mbak. makasih ya

    BalasHapus
  5. Wah lengkap sekali. Makasih ya, jadi jelas. Yang di group bingung ngikutinya. Di IGku @beyourselfwoman yg paling banyak like-nya itu selfie & video. Hampir sama ya. Tapi aku jarang upload selfie krn pemalu. Halagh hahaaaa.... Sdgkan video insya Allah mau nabung utk smartphone yg lbh clear krn punyaku skrg jadul, rada2 burem. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Lusi... Kadang harus nyekroll berulang ulang

      Hapus
  6. Sepertinya memang tema itu hal yang penting ya. Saya masih belum ada rencana tema . Jadi kepengen punya juga

    BalasHapus
  7. Waah, makasih sdh di rangkumkan mbak Yervi, jadi enak bacanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba hervi, kemarin ketinggalan diskusinya. Baca ini jadi berasa ngikutin lagi...

      Hapus
  8. Makasih sharingnya, Mak. Ternyata meskipun jadi postingan kesimpulan, tetap panjang ya penjelasannya..
    Semoga bisa konsisten ngisi IG kayak Mak Andiyani :)

    BalasHapus
  9. Wah komplit banget. Makasih mbk uda dirangkumin.

    BalasHapus
  10. Mulai melek rapihin beranda instagram. . . Gak asal ngepost deh sekarang mah. . .

    BalasHapus
  11. Kya keren banget followernya
    pengen, tapi prosesnya menuju ke sana emang jadi tantangan banget

    BalasHapus
  12. well noted ini, makasi sudah dirangkumkan :) klo gak ada ini, postingan kemarin tenggelam ajaa

    BalasHapus
  13. Makasih mba Yervi, udah dirangkum rapi kayak gini jadi mudah bacanya.. ^^

    BalasHapus
  14. sip.... sehari 3 foto hahahah... males..kadang suka menerpa..

    BalasHapus
  15. Makasih ya Mbak Yervi udah di rangkum, jadi memudahkan kitabuntuk bacanya.. 😊

    BalasHapus
  16. Keren tipnya mbak. Simpan dulu sampai punya IG :-D
    Salam kenal :-)

    BalasHapus
  17. Bermanfaat bgt, makasiih yaa mbak udah share :*

    BalasHapus
  18. saya foll mbak andiyani langsung di follback, jd semangat buat make IG, soale bru 5 kali posting

    BalasHapus
  19. Jadi inget aku jg sering follow orang dari search explore. Kemungkinan karena aku pakai hastag tertentu. Jd ig menampilkan foto dg hastag yg sama. Jd klo minatnya sama lebih mudah dapet engagement sama followernya.

    BalasHapus
  20. Makasih udah dishare mba, nice info

    BalasHapus
  21. Ternyata ngaruh jg ya mba ngelink IG sama FB FP.. Pdhal fanpage pun aku blum bikin Hihi.. Seneng ada sharing-nya kayak gini apalagi buat aku yg followernya masih miniiim.. :D Thanks ya mba udah dirangkum gini, bacanya jd lebih enak.. :)

    BalasHapus
  22. Makasih udh sharing mak! Aku masih harus lebih konsisten nih.. buat naikin followers.. hahaha..

    BalasHapus
  23. Pengalaman bisa jadi ilmu. Terima kasih Yervi mau merangkumnya. Mau follow IG Andiyani dan Yervi akh.

    BalasHapus
  24. wah langsung dirangkum, keren mbak

    BalasHapus
  25. di diskusi aslinya ada debat kontroversinya juga sih. Tapi abaikan saja ya. Makasih rangkumannya

    BalasHapus
  26. Makasih sharenyaaa..kecee...

    BalasHapus
  27. apa kabaar mbaaa...iya aku juga nyimak kemarin :)..

    BalasHapus
  28. Aku loh posting foto ga liat jam. Dalam kategori masa bodo ini sbnrnya, terserah orang mau liat apa nggak. Tp smnjk bnyk brand mulai bnyk yg lirik IG aku mulai berbenah infonya bagus bngt mba

    BalasHapus
  29. Makasih sudah merangkum, mba. Aku juga followernya masih stagnan. Namun berupaya juga untuk makin naik instagramnya :)

    BalasHapus
  30. Wah, hebat mbak Andiyani. Saya aja kerasa susah banget buat nambah follower di Instagram. :D

    BalasHapus
  31. Terimakasih info dan share ilmunya Mak :)

    BalasHapus
  32. Keren emang si selebgram yg satu itu.

    BalasHapus
  33. Yang kotak 9 kemarin sempat nyoba, agak susah jg nyari tone yg setema gt. Kemudian skrg ntah mo jadi kotak brp, krn patern'nya udah kaco lg hihihi

    BalasHapus
  34. Terimakasih sharingnya mak..
    Wah langsung semangat nih utk konsisten post dg tema per minggu..

    Hihihi mulai bingung menyusun tema :D

    BalasHapus
  35. Makasih banyak banyak mak sudah merangkum menjadi tulisan yang manis ini, aku terharu. Semoga sharingnya bermanfaat, aamiin.. sekali lagi makasih ya mak :)

    BalasHapus
  36. Wow..follower nya ngeri mbak. Patut diterapkan nih. Manfaat banget sharing nya.

    BalasHapus
  37. Mantab ilmu yang begizi ini, Makasih mba

    BalasHapus
  38. Satu hal yg aku pelajari dari Mbak Aie adalah Mbak Aie itu ramah banget! Baru kenal aja kayak berasa udah kenal sejak lama. Mbak Aie juga ramah follow back, ramah like dan ramah komen. Jadilah followersnya banyak :)

    BalasHapus
  39. Masih berjuang nih mak, dan kadang lupa post juga lol

    BalasHapus
  40. Aku pernah ikutan lomba dengan kriteria pemenang dari like terbanyak. Kalah dong, lawannya Mbak Aie yang followernya segitu. Hahaha. Eh tapi orangnya humble trus ga pelit ilmu. Aku udah terapin tips dari dia. Selama sebulan ini konsisten upload foto sesuai branding and it works! Tiap hari ada aja yang follow. Kalaupun naik turun, ga langsung drop lah.

    BalasHapus
  41. Nah ini. Konsistensi.
    Tapi utk mendapatkan organic followers ya memang butuh perjuangan lah ya.

    TFS mbak.

    BalasHapus
  42. pas banget mba. pernah baca soal jam aktif followers tp lupa. eh baca ini jd dpt gambaran lg. tfs..

    BalasHapus
  43. Bener-bener ilmu baru yang disarikan rapi dan apik sama mba Yervi.
    Haturnuhun, mba...

    Belajar lagi...
    praktek lagi.


    Semangaat....!!

    BalasHapus