Laman

Tips Menghilangkan Komedo Pada Remaja Dari Rumah

 

Source : Freepik.com

“Mi, ini apa? Kok ada bintik-bintik hitam di hidung mami?”

Demikian pada suatu sore si kembar Dhila dan Thiya menanyakan tentang penampakan di hidung saya.

“Ini namanya komedo, sayang,” ujar saya.

Menurut Wikipedia munculnya komedo disebabkan karena sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit, yang terjadi bila tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala. Jadi cenderung terlihat pada wajah dengan kulit berminyak dan berpori besar.

Saya baru ingat, terakhir ke salon untuk membersihkan wajah atau facial sebelum hamil si kembar. Artinya kalau dilihat dari sekarang sudah sembilan tahun lebih. Karena kesibukan sejak si kembar lahir, menyusui dan sebagainya, rutinitas ke salon sudah terlupakan. Padaal dulu ketika masih gadis rajin sekali untuk facial.

“Kok bisa ada di hidung Mami, hidung kami ga ada.”

Nah komedo pastinya belum ada pada usia anak-anak. Kulit anak-anak masih sangat halus belum berpori-pori besar. Seiring usia, ketika sudah remaja komedo ini dimungkinkan untuk muncul di kulit remaja. Masa remaja dimana hormon-hormon pertumbuhan dan reproduksi sudah mulai aktif, sehingga pori-pori remaja sudah mulai membesar untuk mengeluarkan keringat. Terkadang pori-pori tersumbat oleh minyak dan kulit mati sehingga menjadi cikal bakal komedo.

“Berarti kayak kak Nesa udah bisa ada komedo dong,” tanya sikembar.

“Bisa banget, kalau kak Nessa gak rutin membersihkan wajah tiap hari.”

Nah mengapa remaja rentan mengalami komedo di wajahnya?

Pertama, masa remaja kulit menjadi lebih berminyak karena adanya hormon pertumbuhan. Kondisi kulit wajah berminyak menyebabkan debu dan kotoran menjadi lebih mudah lengket, sehingga jika tidak dibersihkan pori-pori menjadi mudah tersumbat. Inilah yang menjadi awal munculnya erawat dan komedo.

 

Kedua, pengaruh makeup. Anak usia remaja karena tontonan dan role model mereka memang sudah banyak yang mengenal makeup untuk menunjang penampilan. Tetapi ini bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat juga. Terlalu sering mengaplikasikan makeup untuk melapisi kulit wajah bisa mengganggu kebebasan kulit untuk bernapas dan menyumbat pori-pori sehingga timbul komedo.

 

Ketiga, karena kurang mengkonsumsi air putih. Sukanya remaja sekarang dengan minum-minuman instan yang sekarang banyak tokonya. Padahal air putih diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan dan metabolisme.

 

Keempat, kurang olahraga juga bisa menyebabkan komedo pada remaja. Dengan berolahraga keringat dan racun dari tubuh akan dikeluarkan. Namun jangan sampai lupa, setelah selesai berolahraga, kulit wajah harus dibersihkan sehingga keringat tersebut tidak menutup pori-pori.

 

Nah yang terakhir adalah adanya stres pada remaja. Tekanan psikis pada remaja yang disebabkan oleh beban sekolah, situasi pertemanan dan hubungan di keluarga terkadang akan memunculkan reaksi-reaksi di fisik. Kulit menjadi kusam dan cenderung berkomedo.

 

Saya ingat, kalau dulu sehabis dari salon untuk facial, saya selalu keluar dari salon dengan muka bengkak dan memerah. Kulit wajah saya memang cenderung sensitif. Terus apakah kalau untuk menghilangkan komedo kita harus selalu datang ke salon? Tidak juga. Bahkan bertanya ke aplikasi yang menyediakan kolom konsultasi secara gratis dengan dokter seperti Halodoc.com juga bisa. Disana sudah ada dokter yang kompeten yang akan menjawab keluhan di wajah anda.


Sekarang sudah banyak bahan-bahan alami yang dipergunakan untuk membuat masker untuk menghilangkan komedi. Berikut tahapan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami.

 

Masker putih telur dapat digunakan untuk mengatasi jenis komedo terbuka atau blackheads, dan juga bermanfaat membersihkan kotoran pada kulit wajah.

Tahapan menggunakannya adalah :

1. Oleskan putih telur ke seluruh wajah (hindari bagian mata dan mulut),

2. Lalu diamkan hingga mengering.

3. Setelah terasa sudah cukup kering, tambahkan lagi putih telur pada seluruh wajah, dan diamkan selama 10 menit.

4. Terakhir bilas wajah dengan menggunakan air hangat.


Madu dan Susu.

Tahapan penggunaannya adalah :

1 Campurkan 1 sdm madu organik dengan 1 sdt susu,

2. Kemudian panaskan campuran tersebut dalam microwave selama 5-10 detik dengan tingkat kepanasan sedang.

3. Kemudian aduk-aduk adonan dan tunggu hingga tidak terlalu panas.

4. Lalu oleskan tipis-tipis campuran madu dan susu pada daerah yang berkomedo, dan tutup dengan kapas tipis. Tunggu sampai mengering kurang lebih selama 20 menit.

5. Terakhir lepaskan kapas secara perlahan dan bilas dengan air bersih


"Wah, berarti gak perlu ke salon ya Mi,"ujar kak Nessa nimbrung.

"Iya kak, selain hemat, mami dan kakak juga bisa pakai sekalian"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar